Tour de Borobudur 2024 diramaikan ratusan peserta (dok.Tour de Borobudur)
Magelang – Tour de Borobudur 2024 akan kembali digelar lagi di Magelang. Sebanyak empat ratus orang turun untuk menikmati keindahan alam Jawa Tengah sambil beradu cepat.
Setiap perhelatannya, Tour de Borobudur selalu mengundang sekitar seribu pesepeda dari Indonesia dan luar negeri.
Untuk Tour de Borobudur tahun ini, panita SAMBA memilih untuk membuatnya lebih sederhana dan membatasi jumlah peserta, tetapi tetap menekankan pentingnya sebagai cara untuk memperkenalkan Kampung Seni Borobudur kepada ratusan orang.
Panitia selalu memberikan jersey penuh makna untuk para peserta. Untuk event kali ini, Mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga ikut sebagai salah satu peserta.
“Kali ini Tour de Borobudur jadi one day tour di hari Sabtu, kemarin Jumat (6/12) ambil race pack. Supaya di hari Minggu semua peserta bersama keluarga bisa keliling Kampung Seni Borobudur (Pasar Seni Kujon) dan belanja di UMKM-UMKM di sini,” tutur Hendra Dharmanto selaku Ketua Tour de Borobudur by SAMBA dalam rilis seperti dikutip dari detikSport.
“Desain jerseynya menggambarkan berbagai desa wisata yang ada, dan dry fit-nya menggambarkan Pasar Seni Kujon,” sambungnya.
Tour de Borobudur tahun ini dimulai pada hari Sabtu, 7 Desember 2024, dan menempuh jarak 129,58 km melalui Perbukitan Menoreh. Rute ini terdiri dari bagian barat Kabupaten Kulon Progo di Daerah Istimewa Yogyakarta, bagian timur Kabupaten Purworejo, dan sebagian Kabupaten Magelang di Provinsi Jawa Tengah.
Setiap rute pasti memiliki cerita, pemandangan yang indah, dan pilihan makanan yang berbeda. Pihak panitia selalu menyediakan tempat yang unik dan khas dari setiap daerah di setiap checkpoint.
Ada Bukit Menoreh di Magelang, dawet ireng di Purworejo, dan Sedang Sari di titik pemeriksaan terakhir. Para peserta akan melewati jalur Bandara YIA yang mulus di Sendang Sari hingga sawah yang menenangkan, yang dikenal sebagai “Rute Luna Maya” di kalangan pesepeda di Nanggulan.
Polygon dengan senang hati menyambut keberhasilan Tour de Borobudur edisi ke-24. Sebagai sponsor resmi bycycle selama dua tahun berturut-turut, Polygon bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat Indonesia tentang olahraga bersepeda.
Selain itu, tujuan Tour de Borobudur adalah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi provinsi di seluruh Indonesia melalui wisata olahraga.
“Mendengar langsung dari panitia tentang sisi historis berbagai spot yang dikunjungi selama rute ini, sambil menikmati kuliner khas masing-masing, dan merasakan sendiri medan perjalanannya, semakin membuat kami ingin kembali untuk eksplor ketiga wilayah ini. Kami yakin peserta dan juga mereka yang membaca berita Tour de Borobudur akan merasakan hal yang sama,” ucap Brand Marketing Polygon Veronica Vivin.
Sumber Detiksport